Siasati Perjalanan Murah: OSAKA – KOBE – KYOTO (Bagian II)

Osaka City
Osaka City

Jika diartikel sebelumnya, saya berbagi pengalaman kami di alam Osaka, kali ini saya senang berbagi pengalaman kami menikmati suasana perkotaan di sana dengan menggunakan tiket Osaka Amazing Pass yang benar-benar amazing. Sehingga dengan bermodalkan 3,000 Yen atau setara dengan 300 ribu Rupiah per orang (rate saat itu), kami bisa berkeliling Osaka selama 2 hari dan menikmati wahana-wahana keren yang ada di sana. Kami hanya cukup membeli 2 tiket dewasa saja karena untuk lokasi-lokasi yang kami kunjungi gratis untuk anak-anak di bawah usia 5 tahun dan setengah harga untuk anak usia diantara 5-12 tahun.

Layaknya daerah perkotaan, kota Osaka juga ramai seperti Jakarta hanya saja Osaka belum bisa mengalahkan macetnya Jakarta. Namun disaat jam berangkat dan pulang kantor pada hari biasa, kereta di Osaka tidak jauh berbeda dengan kereta jurusan Depok – Kota, sesak dan padat. Biasanya kereta ekspres akan jauh lebih padat dibandingkan dengan kereta semi ekspres atau yang biasa. Harga tiket ketiganya sama saja.

Ada banyak jenis kereta di Jepang, tapi yang sering kami gunakan adalah kereta yang saya sebutkan di atas. Jika bel tanda kereta akan segera tiba di stasiun berbunyi, orang Jepang yang masih berada cukup jauh dari stasiun akan lari sekencang-kencangnya untuk dapat naik kereta tersebut, padahal dalam jangka waktu 5-10 menit kemudian kereta dengan tujuan yang sama akan tiba.

Stasiun terbesar di Osaka
Stasiun terbesar di Osaka

Dihari biasa, kami jarang sekali atau bahkan  tidak menemukan orang tua membawa anak-anak kecil di tempat umum seperti stasiun kereta atau mall.

Pemandangan umum dihari biasa....gak ada anak kecil kecuali anak kami.
Pemandangan umum dihari biasa….gak ada anak kecil kecuali anak kami.

AREA OSAKA CASTLE

Di hari kedua, kami berkunjung ke Osaka Castle. Dengan tiket amazing pass, kami tidak perlu membayar tiket masuk seharga 200 Yen per orang. Saat kunjungan kami, ada banyak rombongan turis yang juga mengunjungi istana. Alhasil, niat kami yang ingin masuk ke musium istana pun kami rampungkan. Harga normal masuk ke musium istana adalah 600 Yen per orang, namun dengan tiket amazing pass, kita bisa masuk dengan gratis.

Osaka Castle
Osaka Castle

Di Osaka Castle, kita bisa menikmati indahnya taman istana yang tertata cantik serta melihat bangunan tembok istana yang dibangun menggunakan batu-batu super besar sambil menikmati es krim lembut khas Jepang.

Tidak jauh dari lokasi istana, terdapat dermaga Osaka Suijyo Bus (Aqua-Liner). Suijyo bus adalah bus air yang akan membawa kita menyusuri permukaan sungai selama 1 jam untuk melihat pemandangan kota Osaka. Jika kita membeli tiket Osaka Amazing Pass, kita bisa naik bus air ini dengan harga diskon dan dimusim dingin antara Desember hingga Februari, bus air ini bisa ditumpangi secara cuma-cuma.

Pilih DOTOMBORI atau KIDS PLAZA

Kedua tujuan ini ada didaftar kami pada hari kedua. Mengingat waktu, kami melewatkan kunjungan kami ke Dotombori karena anak-anak lebih memilih untuk berkunjung ke Kids Plaza. Ini adalah reward untuk mereka setelah perjalanan cukup melelahkan ke Minoo dan Osaka Castle. Sayangnya Kids Plaza tidak masuk dalam daftar kerjasama dengan Osaka Amazing Pass.

Kids Plaza
Kids Plaza

Walaupun kami tidak sempat berkunjung ke Dotombori, saya senang mengulas sedikit tentang area ini dari informasi yang saya dapatkan di sana.

Dotombori adalah area yang paling happening di Osaka yang berada di area Minami. Bagi kebanyakan turis, Dotombori adalah tempat yang wajib dikunjungi selama berada di Osaka. Kalian bisa menikmati banyak makanan khas Jepang di area ini dan dengan tiket amazing pass, kalian bisa membeli makanan-makanan tertentu di sana dengan harga khusus. Selain itu, kalian bisa menikmati beberapa fasilitas secara gratis seperti Tombori River Cruise. Kalau kalian punya rencana menjadi pengusaha atau bahkan sudah menjadi salah satunya dan butuh inspirasi, cobalah mampir ke Entrepreneurial Museum of Challenge and Innovation yang lokasinya juga di area Minami. Kalian bisa masuk gratis ke musium ini dengan tiket amazing pass. Bener-bener amazing kan kartunya?

KAIYUKAN (OSAKA AQUARIUM)

Hari ketiga, kami berkunjung ke aquarium raksasa di Osaka. Orang Jepang menyebutnya Kaiyukan. Lokasi Kaiyukan cukup jauh dari tempat penginapan kami. Dengan tiket pass, kami bisa mendapatkan potongan harga untuk tiket masuk ke Kaiyukan serta gratis naik Tempozan Giant Ferris Wheel (Kincir Raksasa) dan Captain Line cruise. Harga normal Ferris Wheel adalah 800 Yen atau setara dengan 80 ribu Rupiah per orang, sementara itu untuk Captain Line harga normalnya adalah 1,300 Yen per orang. Bila kalian berkunjung ke Osaka bersama anak-anak, tempat ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk hiburan mereka. Harga normal tiket masuk Kayukan untuk orang dewasa sekitar 2,300 Yen per orang sementara tiket masuk anak-anak discount 50%.

Kaiyukan
Kaiyukan

UMEDA SKY BUILDING FLOATING GARDEN

Setelah kunjungan kami ke Kaiyukan, kami lanjut mengunjungi gedung pencakar langit Umeda. Sekali lagi, dengan tiket pass yang masih berlaku kami bisa masuk ke gedung ini gratis. Harga tiket masuk tanpa tiket pass adalah 800 Yen per orang.

Lift yang mengantar kami ke lantai paling atas gedung ini didesign khusus seolah-olah kami sedang berada di luar gedung. Lantai  teratas gedung didesign dengan menggunakan lantai glow in the dark. Di tempat ini kita bisa melihat kota Osaka 360 derajat. So, buat kalian yang udah rencana untuk pergi berkunjung ke Osaka, jangan lewatkan kunjungan kalian ke tempat ini.

Pemandangan dari Umeda Sky Building
Pemandangan dari Umeda Sky Building

Berikut ini tips tambahan buat kalian yang akan berlibur ke Jepang untuk pertama kalinya tanpa pemandu, sehingga waktu kalian tidak terbuang percuma :

  • Persiapkan tenaga dan waktu yang cukup banyak sebagai antisipasi kalian  tersesat di stasiun kereta, apalagi jika perjalanan kalian harus berhenti di stasiun yang cukup besar atau stasiun utama untuk pindah jalur kereta lainnya.
  • Bawalah selalu peta jalur kereta kalian, karena stasiun kereta di Jepang layaknya “hutan belantara” bagi kita yang belum pernah ke negara ini sebelumnya, terlebih lagi jika kita tidak bisa berbicara dalam bahasa mereka.
  • Sebaiknya mengunjungi tempat-tempat berbeda yang masih berada di satu area agar waktu kalian lebih efektif.
  • Jangan malu bertanya. Walaupun kebanyakan orang Jepang tidak berbahasa Inggris, mereka senang menolong apalagi bila kita memintanya dengan ramah. Kami sering mendapatkan pertolongan dari mereka. Ada yang pernah mengantarkan kami hingga sampai tujuan dan ada juga yang sampai membelikan kami sekeluarga tiket kereta tanpa mau kami bayar kembali. Jadi tambah murahkan perjalanan kami.
  • Jangan lupa pakai alas kaki yang nyaman ya, karena kalian bisa jadi perlu jalan kaki cukup jauh dari stasiun kereta ke tempat tujuan kalian. Kalau alas kaki tidak nyaman, bisa membuat kalian jadi urung untuk mengunjungi tempat yang kalian sudah rencanakan dan waktu kalian akhirnya terbuang percuma.

Sehubungan dengan penginapan, selain Hotel Consort, kami juga menginap di hotel Mystay yang berada di Kyoto. Untuk hotel Mystay harganya sedikit di atas Consort namun luas kamar twin bed-nya hampir 3 x luas kamar twin bed hotel Consort. Kita bisa pesan extra bed di hotel ini. Selain itu, kalian juga bisa coba cari informasi hotel lewat beberapa situs online booking seperti booking.com, agoda.com, hotels.com atau airbnb. Situs-situs online ini dapat memberikan kalian informasi tentang penginapan apa saja yang tersedia dan sesuai dengan budget kalian. Ingat, jangan last minute booking….sudah pasti mahal.

Sepertinya saya harus lanjut ke bagian III untuk pengalaman perjalanan kami selanjutnya di Kobe dan Kyoto dan tips yang bikin perjalanan jadi relatif lebih murah.

I need to be with my family now….

Iklan

2 pemikiran pada “Siasati Perjalanan Murah: OSAKA – KOBE – KYOTO (Bagian II)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s