Berkemah, Alternatif Menikmati Indahnya Indonesia

Tidak bisa dipungkiri, Indonesia memiliki banyak sekali pemandangan alam yang indah. Seringkali kita terkendala untuk menikmati keindahannya karena mahalnya penginapan atau mungkin minimnya fasilitas penginapan yang ada. Maka jadilah berkemah sebagai salah satu alternatif keluarga kami mengatasi kendala ini.

Buat kalian yang juga senang dan mungkin ingin mencoba dengan kegiatan yang satu ini, berikut beberapa lokasi berkemah yang sudah pernah kami “nikmati”yang senang saya bagikan sekedar sebagai referensi.

BERKEMAH di BATU TAPAK, SUKABUMI

Tenda Standard Batu Tapak
Tenda Standard Batu Tapak

Perkemahan Batu Tapak yang terletak di Desa Cidahu, Sukabumi sangat cocok bagi para pemula yang baru ingin mencoba untuk kegiatan berkemah bersama keluarga. Di lokasi ini tersedia tenda VIP dan standard. Untuk tenda VIP sudah tersedia fasilitas penerangan. Kita hanya perlu bawa pakaian dan perlengkapan mandi, selebihnya sudah disiapkan oleh pihak Batu Tapak. Alas tidur yang disediakan bukan sekedar matrass tipis biasa namun kasur busa. Kamar mandi pun tersedia water heater.  Untuk harga sewa per malamnya masih cukup masuk akal.

Bagi kalian yang ingin sedikit lebih adventure, dapat menyewa tenda standard serta keperluan berkemah lainnya di Batu Tapak atau membawa tenda kalian sendiri dengan membayar biaya sewa lahan.

Lokasi favorit kami adalah dekat air terjun kecil, namun dibutuhkan kaki yang kuat untuk turun ke lokasi ini karena cukup jauh dari tempat parkir kendaraan. Di tempat ini hanya khusus untuk pemasangan tenda standard.

Air terjun mini Batu Tapak
Air terjun mini Batu Tapak

Kita juga bisa trekking ke air terjun yang besar, sekitar 45 menit berjalan kaki dari lokasi berkemah.

BERKEMAH di  PULAU PERAK, KEP. SERIBU

Sunset di P. Perak
Sunset di P. Perak

Untuk menuju P. Perak, kita dapat menggunakan kapal penyeberangan dari Muara Angke menuju Pulau Harapan dengan membayar tarif sekitar 45 ribu Rupiah per orang. Dari Pulau Harapan, lanjut dengan menyewa kapal nelayan ke Pulau Perak sekitar 30 menit perjalanan.

Lokasi ini juga cocok bagi pemula namun MCK kurang memadai. Di tempat ini, kita perlu membayar harga sewa lahan ke penjaga pulau agar dapat mendirikan tenda. Tidak jauh dari dermaga terdapat warung kecil jadi tidak perlu kuatir jika kalian kehabisan makanan atau minuman.

Tidak perlu diragukan birunya laut dan indahnya matahari terbenam di pulau ini….sangat bisa melupakan penatnya kehidupan Jakarta untuk sementara waktu. Hanya sayang, pengunjung pulau ini seringkali membuang sampah sembarangan di sekitar pulau. Seharusnya penjaga pulau/pemilik warung dapat meminta kepada para pendatang untuk membawa pulang sampah mereka sehingga keindahan pulau tetap terjaga.

Dermaga Pulau Perak
Dermaga Pulau Perak

BERKEMAH di SARONGGE, TNGGP

Di artikel sebelumnya saya sudah membahas cukup panjang tentang lokasi berkemah  di Sarongge. Tempat ini juga cukup aman untuk tempat berkemah keluarga, namun bagi para pemula tempat ini cukup menantang untuk dijalani.

Camping Ground Sarongge
Camping Ground Sarongge

BERKEMAH di BENDUNGAN BATU BULAN, SUMBAWA

Mencari penginapan di daerah Sumbawa tergolong cukup sulit. Penginapan hanya terdapat dibeberapa lokasi wisata tertentu yang sering kali cukup jauh dari lokasi tujuan kami. Akhirnya, kami memutuskan untuk mencoba berkemah.

Bendungan Batu Bulan memiliki pemandangan yang dikelilingi oleh pegunungan. Tidak ada lokasi khusus untuk berkemah sehingga tidak ada biaya apapun yang perlu dikeluarkan,  karena lokasinya cukup aman dan terdapat tanah yang cukup lapang serta pemandangannya yang indah, kami memutuskan untuk mendirikan tenda di tempat ini sebelum lanjut menuju ke Pulau Moyo keesokan harinya. Karena memang bukan khusus area berkemah, maka di lokasi ini tidak terdapat MCK sehingga kami pun menggunakan fasilitas yang disediakan oleh alam.

Bendungan Batu Bulan, Sumbawa
Bendungan Batu Bulan, Sumbawa
Bendungan Batu Bulan
Bendungan Batu Bulan

BERKEMAH di PANTAI PINK, LOMBOK

Jauh dan sulitnya medan menuju Pantai Pink serta indahnya pemandangan pantai serta menjulangnya gunung Rinjani, sayang rasanya jika kami hanya berkunjung ke lokasi ini untuk 1-2 jam saja. Maka jadilah tenda kami terpasang malam itu untuk dapat menikmati matahari terbit esok harinya. Dengan ditemani penjaga pantai yang sangat ramah dan penolong, aktifitas berkemah kami malam itu pun sangat nyaman.

Di Pantai Pink tersedia 2 buah gazebo yang disediakan oleh pemerintah.  Kadang ada juga turis asing yang tidur bermalam di salah satu gazebo yang ada di sana. Hanya saja lokasi ini tidak terdapat MCK.

Tebing Pantai Pink
Tebing Pantai Pink
Pantai Pink
Pantai Pink

Selain lokasi di atas yang saya sebutkan, masih ada beberapa lokasi lainnya yang bisa jadi alternatif kegiatan berkemah kalian seperti  di Cileteuh dan Goa Langir yang sudah saya bahas diartikel sebelumnya.

Diwaktu yang akan datang, saya akan berupaya untuk memberikan informasi tambahan sehubungan lokasi berkemah yang bisa menjadi referensi kalian.

Tips berkemah yang aman bagi keluarga:

  1. Jika memungkinkan milikilah tenda yang dapat digunakan untuk berbagai musim sehingga dapat digunakan kapan saja.
  2. Bawa hanya perlengkapan yang benar-benar dibutuhkan untuk menghindari kelebihan beban. Yang wajib dibawa selain tenda, matras dan kantung tidur adalah senter, kompor & gas, jas hujan (jika diperlukan), speaker wi-fi kecil (sekedar untuk hiburan).
  3. Selalu sediakan keperluan P3K.
  4. Jika berkemah di daerah pantai, udaranya cenderung lebih panas sekalipun hari sudah malam jadi membawa jaket atau selimut yang tebal rasanya tidak diperlukan.
  5. Jika berkemah di daerah yang masih sangat asing atau bukan tempat khusus untuk berkemah, minta ijinlah kepada orang yang dituakan atau diberikan wewenang untuk menjaga daerah tersebut sebelum kita mendirikan tenda. Selain hai ini sebagai cara kita mempertunjukkan sopan santun kepada penduduk sekitar, hal ini juga dapat membuat kita berkemah dengan rasa aman.
  6. Jika lokasi tidak tersedia MCK, rasanya perlu membawa sekop dan ember kecil/botol kosong….(tebak sendiri fungsinya).
  7. Saat cuaca hujan, perlu diperhatikan keamanan lokasi berkemah dari bencana longsor.
  8. Jangan tinggalkan sampah kalian di lokasi berkemah apabila tidak tersedia tempat sampah.

Jika kalian mendapati bahwa artikel ini bermanfaat, silakan dibagikan dengan yang lain. Jika ingin menerima update informasi otomatis seputar informasi travelling keluarga diedisi selanjutnya, silakan klik follow.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s