Citumang, Sungai Biru di Pangandaran

 

Citumang01
Sungai Citumang

Sungai Citumang terletak di Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Ciamis. Sungai ini mengalir di atas batu-batu cadas yang membuat sungai tampak berwarna biru serta mengalir membelah hutan jati. Lokasi ini dapat diakses oleh kendaraan roda dua maupun empat. Di sungai ini kita bisa melakukan aktifitas body rafting yang cukup aman untuk anak-anak bahkan balita asalkan diawasi dengan baik.

Saat kami melakukan body rafting di sungai ini, kami dikenakan biaya 75 ribu Rupiah per orang sudah termasuk tiket masuk sebesar 15 ribu, guide dan asuransi belum termasuk foto, namun kita dapat meminta salah seorang dari guide untuk mengabadikan kegiatan kita selama berada di sungai ini menggunakan kamera yang kita bawa.

Citumang2

Citumang3

Citumang1

Lokasi ini pun bisa digunakan untuk tempat berkemah, hanya saja kita harus memesan tempat beberapa hari sebelumnya mengingat lokasinya di dalam hutan, perlu ada orang sekitar yang mengawasi aktifitas yang satu ini. Jika tidak ingin berkemah, kamu dapat menginap di salah satu penginapan yang terletak dekat pintu masuk.

Penginapan di Citumang
Penginapan di Citumang
IMG_3049
Sungai yg mengalir di samping camping ground

Selesai melakukan body rafting, perjalanan kami di sungai ini  berakhir pada aliran irigasi dari waduk yang ada di sungai ini yang mengalir hingga tempat kami memarkir kendaraan. Setelah kurang lebih 3 jam bermain di sungai, jangan lupa mencicipi nasi liwet dan es kelapa muda yang dijual dekat tempat parkir kendaraan.

Setelah berkunjung ke Citumang, sore itu kami langsung menuju ke Pantai Batu Karas untuk mempersiapkan kamar tidur kami yang ala kadarnya di dalam tenda. Angin kencang malam itu membawa kami tertidur lelap, apalagi setelah seharian menghabiskan waktu di Citumang. Esok hari, siap untuk berkunjung ke pantai Madasari.

Beberapa tips buat rekan-rekan yang tertarik melakukan body rafting di sungai Citumang:

  • Datanglah pada pagi hari saat pengunjung belum terlalu banyak atau saat menjelang sore saat para pengunjung sudah banyak yang pulang agar dapat mengabadikan lokasi ini lebih indah dengan kamera yang anda bawa.
  • Biasanya pihak Citumang sudah menyiapkan tas anti air bagi pengunjung yang ingin melakukan body rafting, namun kalian mungkin perlu menggunakan cover anti air untuk kamera yang kalian bawa jika kamera yang kalian miliki bukan kamera anti air.
  • Jika membawa anak-anak atau balita, awasilah mereka dengan baik. Jangan terlalu asik melakukan aktifitas kamu sendiri sehingga lupa diri.
  • Ada beberapa tempat tinggi yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk melompat ke sungai, mulai dari sekitar ketinggian 7 meter hingga 12 meter. Jika kalian tidak memiliki keberanian yang besar, jangan coba kegiatan yang satu ini karena bila sudah sampai di atas akan sulit untuk turun. Kasihan kan kalau teman atau keluarga kamu yang lain menunggu kamu kelamaan di atas.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s