Curug Ciisun Mirip Dengan Air Terjun Minooh di Jepang

 

 

image
Curug Ciisun

Jumat pagi itu, kami dengan gerombolan beberapa turis dari Australia berangkat ke Taman Nasional Cibodas. Mengingat hanya punya satu hari cuti, rasanya tempat ini bisa jadi pilihan untuk menyalurkan penat sesaat. Hanya memerlukan waktu 1,5 jam dari Cimanggis ke lokasi ini, namun bila hari itu adalah hari libur nasional gak janji waktunya bisa 1,5 jam. Di Cibodas terdapat beberapa Curug yang bagus. Yang paling dikenal adalah Curug Cibereum tapi kali ini kami memilih untuk bertandang ke Curug Ciisun yang lokasinya hanya sekitar 1 km dari tempat parkir kendaraan. Tampaknya lokasi curug ini lebih dikenal banyak oleh turis-turis dari Timur Tengah ketimbang WNI. Curug Ciisun mengingatkan saya akan Curug Minooh yang ada di Osaka, Jepang.Siasati Perjalanan Murah: OSAKA -KOBE – KYOTO (Bagian I)

Buat para rekan traveller yang tertarik ke lokasi ini, berikut beberapa informasi yang bisa jadi masukan untuk rekan-rekan:

  1. Curug ini dapat diakses dari taman utama di Cibodas dan tempat parkir kendaraan dekat Pintu III, menurut informasi, jika diakses melalui taman utama jalannya lebih menantang alias lebih banyak tanjakan dan turunan.
  2. Saat hujan deras, aliran air sungai ini bisa meluap hingga ke jalan setapak. Sebaiknya gunakan sandal atau alas kaki anti air saat berkunjung ke lokasi ini di musim penghujan.
  3. Ada beberapa warung di dekat Curug yang hanya buka saat libur atau akhir pekan. Sebaiknya bawalah air minum atau makanan yang diperlukan saat rekan-rekan berkunjung ke sini dihari biasa. Alangkah baiknya jika rakan-rekan membawa pulang sampah makanan/minuman yang rekan-rekan miliki atau membuangnya di tempat sampah yang tersedia.
  4. Kolam air terjun tidak dalam, ada beberapa bagian yang relatif aman untuk bermain air namun tidak tersedia kamar ganti di lokasi ini.
  5. Bila rekan-rekan membawa serta orang tua atau anak-anak, sebaiknya dipastikan kesehatan mereka atau kekuatan kalian untuk menggendong mereka kembali ke kendaraan. Pasalnya walaupun trek ini mudah, akan cukup menantang bagi mereka yang tidak terbiasa atau tidak kuat menjalani trek ini.

Enjoy your trip!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s